Penarik Becak dan Kusir Delman di Sukabumi Terima Bantuan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ratna Puspita

Perwakilan penarik becak dan kusir delman di Kota Sukabumi mendapatkan bantuan sosial jelang puasa dari Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Ahad (11/4)
Perwakilan penarik becak dan kusir delman di Kota Sukabumi mendapatkan bantuan sosial jelang puasa dari Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Ahad (11/4) | Foto: Republika/riga nurul iman

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Para penarik becak dan kusir delman di Kota Sukabumi tampak semringah. Sebab, menjelang bulan puasa, mereka mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah Kota Sukabumi.

Penyerahan bantuan berupa uang tunai ini dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada perwakilan penarik becak dan kusir delman di Balai Kota Sukabumi pada Ahad (11/4) lalu. Jumlah penarik becak yang diberikan bantuan sebanyak 310 orang dan kusir delman sebanyak 70 orang.

“Alhamdulillah sudah memperoleh bantuan dari pemerintah untuk menyambut bulan puasa,” ujar salah seorang penarik becak yang setiap hari mangkal di Jalan Ciwangi, Dedi Maulana (50 tahun) kepada Republika, Senin (12/4). 

Baca Juga

Bantuan ini dinilai sangat dirasakan manfaatnya untuk membeli kebutuhan barang kebutuhan pokok pada awal-awal puasa. Menurut Dedi, bantuan ini pun sangat berarti di tengah menurunnya pendapatan penarik becak akibat pandemi Covid-19 yang bisa mencapai 50 persen lebih karena jumlah penumpang menurun dibandingkan kondisi normal.

Dedi yang sudah menjadi penarik becak sejak 1998 ini berharap pada bulan Ramadhan ini bisa mendapatkan rezeki lebih untuk memenuhi kebutuhan keluarga. '”Alhamdulillah saya tetap puasa meskipun menarik becak,” kata dia.

Wajah semringah juga terlihat di wajah kusir delman Nanang Somantri (61). ''Alhamdulillah sudah memperoleh bantuan yang diserahkan koordinator penarik becak setelah mendapatkan dari wali kota di Balai Kota,” kata dia dia yang sudah menjadi kusir delman sejak 1990.

Nanang mengatakan, para kusir delman pun menjadi makin antusias menyambut bulan suci Ramadhan. Sebab, uang itu bisa untuk membeli makanan yang spesial untuk sahur dan berbuka puasa nanti.

Karena itu, Nanang mengucapkan terimakasih kepada wali kota Sukabumi yang masih memperhatikan para penarik becak dan kusir delman. Ia berharap bantuan ini terus dipertahankan.

Sebelumnya, jelang bulan puasa, Pemkot Sukabumi memberikan bantuan sosial untuk penarik becak dan kusir delman. Hal ini sebagai bentuk perhatian agar penarik becak dan kusir delman bergembira menyambut bulan puasa.

“Bantuan ini sebagai bentuk perhatian pemkot untuk warga yang berprofesi penarik becak dan kusir delman agar bahagia menyambut bulan puasa,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. 

Kabag Kesra Setda Pemkot Sukabumi Aang Zaenudin menambahkan, penyerahan bantuan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Aang mengatakan, bantuan untuk penarik becak sebesar Rp 110.000 per orang dan kusir delman Rp 95 ribu per orang. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Sukabumi Bolehkan Sholat Tarawih di Masjid dengan Prokes

Harga Daging dan Telur Ayam di Sukabumi Terus Naik

Sukabumi Tetap Optimalkan Target Pajak Kendaraan Bermotor

Kerjasama Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Kab Sukabumi

Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam di Pasar Naik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark