Warga Bekasi Dilarang Mudik Sementara, Kecuali Alasan Ini

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi mudik dilarang.
Ilustrasi mudik dilarang. | Foto: mudik dilarang, penyekatan mudik, mudik,

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Komite Kebijakan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi mengeluarkan surat perihal larangan mudik sementara bagi warga Kota Bekasi.
Surat itu ditujukan kepada Tim Pembina Wilayah, Camat se-Kota Bekasi, Lurah se-Kota Bekasi, Kepala Puskesmas se-Kota Bekasi.

Surat ditandatangi oleh Wali Kota Bekasi sekaligus selaku Ketua Komite Kebijakan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Pihak pemkot juga menerbitkan Adendum Surat Edaran No 13 tahun 2021 dengan tujuan untuk mengatur pembatasan mobilitas masyarakat serta mengoptimalisasi fungsi posko Covid-19 di desa/kelurahan selama Ramadan 1442 H dan lebaran ldul Fitri 2021.

“Dengan begitu, maka terhitung tanggal 22 April sampai dengan tanggal 5 Mei 2021 dilakukannya masa peniadaan mudik dan pasca masa peniadaan mudik yang berlaku tanggal 18 Mei sampai dengan tanggal 24 Mei 2021,” jelas Rahmat.

Adapun, peniadaan kegiatan mudik untuk sementara bagi masyarakat Kota Bekasi dengan semua jenis moda lintas kota/kabupaten provinsi/negara ini dilakukan sebagai upaya pengendalian mobilitas selama bulan suci Ramadhan dan ldul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

“Pembatasan perjalanan orang selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah tersebut dikecualikan bagi kendaraan pelayanan distribusi logisitik,” terangnya.

Namun begitu, pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik, diperbolehkan. Di antaranya untuk bekerja atau perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh satu orang anggota keluarga, dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dua orang.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Walkot Bekasi Larang Warganya Mudik, Kecuali Alasan Ini

Penghentian Sementara Operasional Bus di Masa Larangan Mudik

Bandara tidak Ditutup Selama Masa Larangan Mudik

Terlanjur Beli Tiket Pesawat Mudik? Bisa Refund 100 Persen

Penumpang Terdampak Larangan Mudik Bisa Refund 100 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image