Padat Wisatawan, Pantai Batukaras Pangandaran Ditutup

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ratna Puspita

Suasana Pantai Batukaras di Kabupaten Pangandaran, Sabtu (15/5).
Suasana Pantai Batukaras di Kabupaten Pangandaran, Sabtu (15/5). | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menutup objek wisata Pantai Batukaras per Ahad (16/5) sejak pukul 00.00 WIB. Kawasan itu ditutup lantaran kunjungan wisatawan di pantai tersebut ramai.

Apalagi, para pengunjung mengabaikan protokol kesehatan. "Batukaras ditutup sejak pukul 00.00 WIB malam ini," kata Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pangandaran, Suheryana, saat dihubungi, Sabtu (15/5) malam.

Baca Juga

Menurut dia, setiap hari terdapat petugas yang berjaga di pantai itu. Namun, lantaran sedang musim liburan, wisatawan yang datang di luar prediksi. 

Sementara ini, Suheryana menambahkan, objek wisata di Pangandaran yang dipastikan ditutup hanya Pantai Batukaras. Untuk objek wisata lainnya, ia belum berani berkomentar

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pangandaran, Kusdiana mengatakan, selain menutup Pantai Batukaras, aparat TNI-Polri akan mengerahkan personel untuk mengurangi kerumunan. Jika di satu objek wisata sudah dipenuhi wisatawan, maka petugas akan mengarahkan wisatawan ke objek wisata lainnya di Pangandaran.

"Jika Pantai Pangandaran penuh, akan dialihkan ke objek lainnya, seperti Pantai Batu Hiu atau pantai lainnya," kata dia.

Ramainya wisatawan di Pantai Batukaras terekam dalam sejumlah video yang beredar di media sosial pada Sabtu (15/5). Dalam video itu, terdapat banyak wisatawan yang tak menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Gus Ami: Jangan Abaikan Protokol Kesehatan Usai Lebaran

Khusus Hari Ini, Ancol Tutup untuk Penguatan Prokes

Kawasan Wisata Pantai Padang Ditutup Sampai 16 Mei 2021

Pakar: Pengelola Wisata Bertanggung Jawab Terapkan Prokes

Patroli Protokol Kesehatan di Tempat Wisata

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image