Sandiaga Menteri Pertama yang Kunjungi Kampung Yoboi Papua

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Sandiaga Uno bermain bola voli bersama para pemuda Kampung Yoboi,, Sentani, Papua.
Menteri Sandiaga Uno bermain bola voli bersama para pemuda Kampung Yoboi,, Sentani, Papua. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Kampung Yoboi di Distrik Sentani, Jayapura, Papua. Sandiaga menjadi menteri pertama yang mengunjungi dan berlama-lama di kampung terapung penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 itu.

“Ini pertama kali ada seorang menteri yang datang dan berlama-lama dengan masyarakat di kampung. Sebelumnya tidak pernah terjadi seperti ini," ujar Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, dalam siaran pers yang Republika.co.id terima, Selasa (21/9).

Baca Juga

Sandiaga mengunjungi Kampung Yoboi karena kampung tersebut terpilih sebagai satu dari 50 kampung dan desa wisata terbaik di ajang ADWI 2021. Untuk itu, Mathius menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah. Dia berharap kampung-kampung lainnya di Jayapura meniru apa yang dilakukan oleh Kampung Yoboi.

"Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pak Menteri dan rombongan di Kampung Yoboi. Semoga apa yang dilakukan di Kampung Yoboi ini dapat ditiru dan dilakukan di sejumlah kampung di Kabupaten Jayapura," kata dia.

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno menyatakan, kampung terapung tersebut pantas masuk ke dalam daftar tersebut karena keunggulan alam, kuliner, kriya, hingga budayanya. "Dengan berbagai keunggulan mulai dari alam, kuliner, kriya hingga budayanya, Kampung Yoboi memang pantas masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Indonesia," ujar Sandiaga.

Dalam kunjungannya, Sandiaga berinteraksi dengan warga setempat selama kurang lebih tiga jam. Pada kesempatan itu, dia menyanjung keindahan alam kampung terapung tersebut. Menurut dia, kampung yang berada di atas sungai itu merupakan kampung yang sangat nyaman.

"Ini adalah kampung yang sangat nyaman walaupun ada di atas sungai dan menjadi satu-satunya kampung terapung di mana air menjadi sumber kehidupan dari beberapa kampung yang ada di sekitar Danau Sentani," kata Sandiaga.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


5.200 Maba Unissula Diajak Bangun Bangsa dari Desa

Sandiaga: Indonesia Harus Bisa Jadi Pusat Wisata Halal Dunia

Sandiaga Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif di Banyuwangi

Pemuda Yoboi Terima Hibah Peralatan Meracik Kopi

Jelang PON, Pemuda Yoboi Didorong Bikin Racikan Kopi Unik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image