Tokoh Pengembangan Ventilator Portabel Wafat karena Covid

Red: Andri Saubani

Pekerja memeriksa perakitan akhir mesin ventilator portabel bernama Ventilator Indonesia atau Vent-I di PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan PTDI bekerja sama untuk memproduksi Ventilator Vent-I dan diproduksi sebanyak 500 produk per minggu atau sekitar 2
Pekerja memeriksa perakitan akhir mesin ventilator portabel bernama Ventilator Indonesia atau Vent-I di PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan PTDI bekerja sama untuk memproduksi Ventilator Vent-I dan diproduksi sebanyak 500 produk per minggu atau sekitar 2 | Foto: ANTARA/M Agung Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dosen Unpad dan juga tokoh yang terlibat dalam pengembangan ventilator portabel Vent-i, dr Ike Sri Redjeki meninggal dunia dan terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar duka tersebut diumumkan oleh akun instagram resmi @salmanitb bahwa almarhumah meninggal pada Selasa (15/6) dini hari.

Dalam keterangannya, keluarga besar YPM Salman ITB turut berduka cita atas wafatnya Dr.dr. Ike Sri Redjeki, Sp. An-KIC, KMN, M.Kes yang wafat dini hari tadi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Almarhumah dikenal sebagai dokter ahli anestesiologi, akademisi, juga tokoh pendidik sebagai dosen di FK Unpad.

Baca Juga

"Almarhumah adalah salah satu tokoh sentral dalam pengembangan ventilator portabel Vent-i hasil kerjasama YPM Salman ITB dan Unpad," dalam keterangannya.

Almarhumah merupakan sosok yang mengusulkan pengembangan ventilator non invasive dan juga yang membuat proposal uji klinis. Serta mempresentasikannya di depan tim panel uji klinis FK Unpad dan Kemenkes.

"Berkat kontribusi beliau, Vent-i dapat dikembangkan dan menyelamatkan banyak nyawa dari Covid-19. Meski akhirnya, Allah berkehendak menjemput beliau dengan perantara Covid-19 pula," jelasnya.

YPM Salman ITB mendoakan agar semua kontribusi almarhumah menjadi amal jariyah yang pahalanya senantiasa mengalir.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Masjid Salman ITB Kumpulkan Rp 484 Juta untuk Bangun RS

RSHS Bandung Bantah Terjadi Overload Pasien Covid-19

23 Tenaga Kesehatan di RSHS Bandung Positif Covid-19

Antisipasi Lonjakan Kasus, RSHS Siapkan 234 Ruang Isolasi

Sang Pemimpin BEM Fikom Unpad

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image